Kamis, 10 Januari 2019

Pengalaman Mengikuti Seleksi ODP IT Mandiri

Haloooo good people! Its been 2 years since my last blog about endoscopy haha! Well, for everyone who is wondering about me now, aku sungguh baik2 saja. Sudah sembuh sudah bisa beraktivitas seperti sedia kala. Tapiiii, kadang masih kambuh kalau salah makan dan kecapean haha! tapi gak parah kaya dulu, ngunyah Plantacid aja udah cukup. ALHAMDULLILLAH!!

Well 2 tahun ini banyak banget kejadian in my life, dari aku pertama kali dapat kerja di Jakarta sebagai software tester di Vivo Mobile Indonesia waktu itu Juni 2017, tepat 3 bulan setelah aku Endoskopi, terus aku resign bulan Desember 2017 karena gak betah haha! Terus aku nganggur deh 2 bulan. Tiba2, Januari 2018 ada panggilan FINAL INTERVIEW ODP IT MANDIRI. I am like, WHATTTTT?????

Awalnya aku gak menyangka, aku udah test online pada bulan November, dan itu aku gak berharap banyak karena soalnya susahh pake banget haha! Untuk anak IT kaya aku itu susah sih, karena soalnya semacem ekonomi gitu, soal2nya itu namanya SHL. Bagi yang mau latihan bisa search di google tentang soal2 SHL, it really works kok. Okay balik lagi, udah 2 bulan gak ada kabar ya aku mikirnya alah pasti gak lolos, ternyataaa, aku LOLOS gaesss dan dapat email untuk ikut final interview di Jogja.

Karena aku ODP IT, based on my graduate, Sarjana Komputer, jadi aku kepanggil ODP IT, tapi aku emang daftar ODP IT sih hehe! Waktu final interview aku diharuskan mempresentasikan inovasi teknologi untuk Bank Mandiri, inovasi yang aku buat gak jauh2 dari e-money kok haha! Bagi yang penasaran, kontak aku langsung ya di IG atau twitter (lah iklan! Haha!).

Udah tuh tiba hari H di minggu ketiga Januari untuk final interview, deg2an parah, waktu itu 4 orang yg dipanggil untuk batch pagi (1 hari ada 2 batch, pagi dan siang). Aku dapat urutan pertama wkwk shit! Masuklah aku ke ruangan, disana ada 3 pewawancara dan mereka adalah Departement Head di Kantor Pusat, semua expert in IT!

2 jam gaes aku disana! Udah kaya sidang, bukannya nakut2in ya! Tapi seriously! Pertanyaan2 dari pewawancara itu gilaaaa udah kaya dosen yang lagi nyidang mahasiswanya, awalnya sih smooth ya, ditanyain seputar CV dan menceritakan tentang dirimu, boleh english boleh Indonesia kok, waktu itu aku milih english, trus abis session ituuuu dan masuk di presentasi inovasi MALAPETAKA!! Intinya keluar dari sana aku lemas huhu! Pertanyaannya technical pake banget, yang tadinya aku cuma belajar sejarah Mandiri, eh gak keluar semua wkwk! Nasib!

Pulanglah aku kerumah, dan aku NANGIS! Haha! Ya gimana ya nyesek aja sama performance ku waktu interview, masih dimobil otw pulang aku nangis liat jendela, dah kek orang alay, wkwk! Eh tiba2 ada sms masuk, itu jam 4 sore! Bilang kalau aku lolos final interview dan masuk ke tahap selanjutnya dan tahap akhir yaitu MEDICAL CHECK UP. Aku langsung bersyukur kepada Tuhan, ALHAMDULILLAH. Rasanya legaaa banget, tp gak juga sih, kan belum lolos 100% wkwk! Dan fyi, medchecknya keesokan harinya wkwk! Dan itu di Semarang gaes, pindah kota lagi wkwk!

Keesokan harinya, aku udah ditempat rekanan Mandiri untuk medcheck yaitu di Kimia Farma Pemuda Semarang. Aku sendirian waktu itu, oh ya dari batchku kemarin yang lolos 3 orang, batch siang yang lolos cuma 1 orang. Jadi tiap batch beda2 ya yang diambil. Nah waktu itu aku tanya2 perawat "ada yang gak lolos di medcheck gak?" Dan perawatnya bilang ADA! Wah aku langsung lemes deh, takut banget, tapi selama aku gak ada penyakit serius ya gak masalah, untungnya penyakitku udah musnah semua wkwk!

Ketika medcheck kita itu
1. Diambil darah
2. Test urine
3. Rontgen paruparu
4. Test mata
5. Kebugaran
Oke setelah itu pulaaang. Dengan khawatir didalam dada. Wkwk gak lucu kalau udah tahap akhir trus gak lolos. Aku tanya temen seangkatanku kuliah yang lolos ODP Mandiri, kira2 aku lolos gak, dia selalu bilang pasti lolos karena sudah ditahap medcheck, pacarkupun juga semangat banget bilang aku lolos, tapi aku masih deg2an huhu. Oh ya medchecknya itu Sabtu ya, jadi interviewku dihari Jumat.

Minggu, Senin sudah berlalu, gak ada kabar apa2, aku tanya temenku katanya dikabarin kalau lolos itu 2/3 hari setelah medcheck, ada yang 1 minggu sampai 2 minggu baru dikabarin. Menanti dan menanti.

Hari Selasa, ada telpon dari 021, dan YESSS doaku selama ini terjawab, AKU LOLOS ODP IT Mandiri dan langsung minggu depan 8 Februari 2018 datang ke Jakarta untuk taken kontrak. Bener2 seneng gak bisa diungkapkan kata2, cz this is one of my dream, kerja di BUMN itu benar2 mimpiku. Dan aku bahagiaaa.

Jadi tahapan2 ODP IT Mandiri itu
1. Masukin lamaran di website karir Mandiri
2. Test online (SHL)
3. Final Interview
4. Medical check up
Cuma segitu doang kok. Buat yang ODP lainnya (Risk atau Reguler) tahapannya juga sama, pembedanya, di final interview NAH itu aku gak tau wkwk! Kalau ODP IT jelas harus membuat presentasi inovasi ya, buat yang ODP lain mungkin bisa search di google hehe!

Mungkin tahapan seleksinya sedikit, tapi perjuangan gak sampai disitu sebenernya, kita selama 1 tahun masih dinilai layak tidak untuk diangkat tetap di Bank Mandiri, dan setelah setahun harus presentasi akhir. Tapi pendidikan di Bank Mandiri bener2 menyenangkan, I will share it after this blog yaaa.

Buat yang mau join ODP IT Mandiri pesanku, rajin2lah apply di website Mandiri, fyi aku apply 5x baru dapat undangan test online, lowongan ODP dibuka setiap tgl 1-10 tiap bulannya, jadi rajin2lah dan pantang menyerah. Trus sering2 ngerjain soal2 SHL yaaa, itu ngebantu banget. Terus update perkembangan teknologi yang saat ini sedang berlangsung di dunia, trus jaga kesehatan! Karena masuk Mandiri sebagai ODP itu sangat menyenangkan, aku sudah hampir setahun disini, bulan depan aku presentasi akhir ODP. Untuk gimana lingkungan kerja di Bank Mandiri dan benefit apa aja pasca keterima aku tulis lain kali ya, yang pasti sangat memuaskan, dari tunjangan, gaji, fasilitas dan teman2 dikantor. Stay tune dan GOODLUCK!

2 komentar:

  1. Halo kak! kebetulan aku jumat depan diminta final interview, doain ya! terus menulis kak! sangat bermanfaat, membantu dan menginspirasi. Good luck :)

    BalasHapus
  2. SGP: Tipe the Titanium Header to Use for Pristole and Ziplocs
    These high quality pendant titanium hair designs offer an elegant and durable design titanium ore with high quality, comfort, and silicone dab rig with titanium nail longevity. babyliss nano titanium SGP. 9.1-10.1 $79.99 · ‎Out of stock apple watch titanium

    BalasHapus

Pengalaman Mengikuti Seleksi ODP IT Mandiri

Haloooo good people! Its been 2 years since my last blog about endoscopy haha! Well, for everyone who is wondering about me now, aku sungguh...